DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)



Pada awalnya program keahlian Multimedia berdiri pada tahun 2005, lalu berubah menjadi program keahlian Desain Komunikasi Visual pada tahun 2021. Latar belakang berdirikannya program keahlian Desain Komunikasi Visual adalah untuk mempersiapkan generasi muda di era globalisasi dan dunia industri agar mampu bersaing dan mengembangkan diri di era globalisasi dengan bekal ilmu teknologi dan komputer yang sangat pesat perkembangannya.

Program keahlian Desain Komunikasi Visual masuk kedalam bidang keahlian seni dan ekomini kreatif, sehingga diharapkan dapat memajukan perekonomian dan memajukan industri seni dan kreatif di masyarakat. Desain Komunikasi Visual memiliki kekhususan dalam penguasaan proses kreasi dan pengkaryaan desain yang memiliki nilai estetika dan kreatif. Proses pembelajaran Desain Komunikasi Visual menggunakan model pembelajaran yang dilakukan sesuai kebutuhan dan dapat dilaksanakan di dalam atau di luar kelas. Alur pembelajaran dimulai dari pemahaman kreativitas, kemampuan menggambar sketsa dan ilustrasi, menerapkan pengetahuan tipografi dan fotografi, serta penguasaan komputer grafis dalam menggunakan perangkat lunak desain grafis secara mendasar.

Pada awal pembelajaran peserta didik dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja setelah lulus dari program keahlian di Satuan Pendidikan, dan konsentrasi yang dapat dipelajari pada kelas XI dan XII untuk menumbuhkan passion (rencana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas melalui:

1. Pembelajaran di kelas

2. Pembelajaran di studio/bengkel/lab

3. Projek sederhana

4. Berinteraksi dengan alumni atau praktisi industri

5. Berkunjung pada industri yang relevan

Desain Komunikasi Visual adalah konsentrasi keahlian yang membangun kompetensi perancangan solusi komunikasi visual melalui program identitas, informasi, dan persuasi dengan menggunakan media (berbasis cetak), layar (screen), analog atau digital, dua atau tiga dimensi, nyata atau maya (virtual), statis atau interaktif, maupun media berbasis waktu (time based media). Program identitas terkait dengan perancangan identitas visual suatu entitas, seperti identitas jenama (brand), identitas korporat, perancangan key visual produk, brand personal maupun korporat, dan lain-lain. Program informasi terkait dengan perancangan media visual dengan fungsi informasi baik dua dimensi maupun tiga dimensi, seperti desain publikasi baik tercetak maupun digital, rambu (signage), penunjuk arah (wayfinding), infografis dan lain-lain. Sedangkan program persuasi terkait dengan perancangan media visual dengan fungsi membujuk seperti desain periklanan, desain materi promosi pemasaran, desain permukaan kemasan (surface packaging design), dan lain-lain.

Materi Kompetensi Keahlian :
1. Desain Grafis
2. Video Shooting
3. Fotografi
4. Animasi 2 Dimensi
5. Animasi 3 Dimensi
6. Media Interaktif
7. Desain Web


Pada jurusan Desain Komunikasi Visual siswa tidak hanya belajar di depan komputer, karena siswa juga di tuntut harus belajar dalam tim/kelompok untuk memecahkan masalah bersama.
Untuk kedepan jurusan Desain Komunikasi Visual dapat langsung berkerja ataupun bisa meneruskan jenjang lebih tinggi.
Adapun prospek lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual : 
1. Desain Grafis
2. Editing video/Videografi
3. Fotografi
4. Administrasi
5. Animator